twitter

Picture of Us



Spesialisasi Bidang Akuntansi
Menurut manfaat/penggunaannya akuntansi dikelompokan menjadi 8 bidang spesialisasi, yaitu:
a.   Akuntansi Keuangan(Financial Accounting)
Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi keuangan sampai dengan penyajian laporan keuangan yang terdiri atas laporan laba rugi, neraca, perubahan modal dan arus kas, serta catatan atas laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan(SAK) yang berlaku.
b.   Akuntansi Manajemen(Management Accounting)
Akuntansi manajemen adalah akuntansi yang memberikan informasi, baik keuangan(kuantitatif) maupun bukan keuangan(kualitatif) untuk kepentingan manajemen perusahaan.
c.   Akuntansi Biaya(Cost Accounting)
Akuntansi Biaya adalah akuntansi yang berkaitan dengan penetapan dan pengawasan biaya dalam suatu perusahaan.
d.   Akuntansi Pemeriksaan(Auditing)
Akuntansi pemeriksaan(auditing) adalah bidang akuntansi yang membahas tentang prinsip, prosedur, dan teknik pemeriksaan laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan.
e.   Akuntansi Perpajakan(Tax Accounting)
Akuntansi Perpajakan adalah akuntansi yang digunakan untuk tujuan perpajakan,seperti pembayaran atau restitusi pajak.
f.     Akuntansi  Anggaran(Budgeting Accounting)
Akuntansi anggaran adalah akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu dimasa yang akan datang serta analisisdan control.
g.   Akuntansi Pemerintahan(Governmental Accounting)
Akuntansi Pemerintahan adalah akuntansi yang digunakan oleh pemerintah atau organisasi nonprofit.Akuntansi ini lebih bertujuan untuk pengawasan keuangan Negara.
h.   Akuntansi Kemasyarakatan(Community Accounting)
Akuntansi  Kemasyarakatan adalah akuntansi yang bertujuan untuk melakukan pengukuran atas kerugian atau keuntungan yang ditimbulkan oleh suatu kebijakan publik bagi masyarakat.Bidang akuntansi ini termasuk bidang baru dalam dunia akuntansi.



4 komentar:

  1. Sekedar urun pendapat ya,
    Menurut saya ada satu lagi Akuntansi Komputer adalah sistem Akuntansi yang terotomatisasi dengan suatu software yang terintegrasi. Maksudnya adalah setiap saat kita melakukan transaksi yang merupakan input pada suatu software (misalnya, pembelian, penjualan, order, dan retur) maka software tersebut otomatis memproses transaksi tersebut menjadi sebuah siklus akuntansi yang lengkap, mulai dari jurnal, buku kas, buku besar, buku bantu, sampai dengan laporan keuangan berupa neraca dan rugi laba.
    Adapun varian dari software akuntansi itu sangat bermacam-macam, mulai dari yang buatan luar negeri dan buatan sendiri. Setahu saya, software akuntansi buatan anak bangsa yang sudah memiliki sistem terintegrasi sebagaimana saya sebut di atas dan banyak digunakan di sektor usaha KOPERASI dan UMKM (small and medium business enterprise) bisa di download di website Armadillo Accounting | Software Akuntansi Koperasi dan UKM.
    Semoga bermanfaat

  1. OK


  1. Suntuk !!!
    Gak tau mau ngapain?
    yuk klik link kami nih
    asian17.com
    di jamin mantap

  1. Yuk Gabung di Bolayo.com

    Minimal deposit 50ribu
    Bonus Member 30%
    Bonus Harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bolayo.com

    Whatsapp kami
    +6282321807397